Wis, Sudah

Apa kabar kuliahmu?

Semoga kamu bertambah kurus dan imut

dan disayangi anjing-anjingmu.

 

Aku juga berkuliah, baru selesai. Baru saja.

Lulus. Merampungkan penelitian.

Aku mendapat hadiah dari Ibu dan Ayah

Karena aku rajin membaca, dan menuliskan

tentang sumber kehidupan yang tak mudah

 

Ibu memberiku sebuah kemeja yang kebesaran

Untuk mengganti kemejaku yang sudah

kusam dan bolong-bolong di punggungnya.

Dari balik kemejaku aku bisa melihat

seekor anjing duduk manis di atas puncak gunung

sambil lidahnya melet-melet menantangku.

 

Ayah hanya bisa memberiku sehelai sarung:

Sarung cap anjing. Sarungku lebih panjang

dari tubuhku, lebih hangat dari lamunanku.

Aku mau memakainya untuk membungkus

cita-citaku yang ringan dan sederhana.

Aku masih menghitung kotak-kotaknya.

Sabar, ya. Nanti kuberitahu berapa jumlahnya.

 

Hadiah dari Ibu dan Ayah akan kupakai

Saat wisuda.

Mengakhiri masa kuliahku.

Wisuda.

Wis, sudah.

 

Depok, 30 Januari 2017

Disadur dari sajak Jokpin

Tinggalkan komentar

Situs yang Didukung WordPress.com.

Atas ↑